Review Film Goodfellas

Review Film Goodfellas – Goodfellas adalah sebuah film kriminal biografi Amerika tahun 1990 yang disutradarai oleh Martin Scorsese , ditulis oleh Nicholas Pileggi dan Scorsese, dan diproduksi oleh Irwin Winkler. Ini adalah film adaptasi daribuku nonfiksi 1985 Wiseguy oleh Pileggi.

Review Film Goodfellas

mydvdtrader – Dibintangi oleh Robert De Niro, Ray Liotta, Joe Pesci, Lorraine Bracco dan Paul Sorvino, film ini menceritakan naik turunnya asosiasi mafia Henry Hill dan teman-teman serta keluarganya dari tahun 1955 hingga 1980.

Melansir wikipedia, Scorsese awalnya memberi judul film Wise Guy dan menunda pembuatannya; dia dan Pileggi kemudian mengubah gelar menjadi Goodfellas. Untuk mempersiapkan peran mereka dalam film tersebut, De Niro, Pesci dan Liotta sering berbincang dengan Pileggi, yang berbagi bahan penelitian yang tersisa dari penulisan buku tersebut.

Baca juga : Review Film The Curse of La Llorona

Menurut Pesci, improvisasi dan ad-libbing keluar dari latihan di mana Scorsese memberi para aktor kebebasan untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan. Sutradara membuat transkrip dari sesi-sesi ini, mengambil dialog yang paling dia sukai dan memasukkannya ke dalam naskah yang direvisi, yang dikerjakan oleh para pemeran selama fotografi utama.

Goodfellas ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Venesia ke – 47 pada 9 September 1990, di mana Scorsese dianugerahi Silver Lion untuk Sutradara Terbaik, dan dirilis di Amerika Serikat pada 19 September 1990 oleh Warner Bros. Film ini dibuat dengan anggaran sebesar $25 juta, dan meraup $47 juta.

Konsensus kritis tentang Rotten Tomatoes menyebutnya “bisa dibilang titik tertinggi karir Martin Scorsese.” Film tersebut dinominasikan untuk enam Academy Awards , termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik , dengan Pesci memenangkan Aktor Pendukung Terbaik.

Film ini memenangkan lima penghargaan dariAkademi Seni Film dan Televisi Inggris, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik . Selain itu, Goodfellas dinobatkan sebagai film terbaik tahun ini oleh berbagai kelompok kritikus.

Goodfellas secara luas dianggap sebagai salah satu film terbesar yang pernah dibuat , terutama dalam genre gangster. Pada tahun 2000, film tersebut dianggap “penting secara budaya, sejarah, dan estetika” dan dipilih untuk disimpan dalam Pendaftaran Film Nasional oleh Perpustakaan Kongres Amerika Serikat . [4] [5] Isi dan gayanya telah ditiru di banyak film dan serial televisi lainnya.

Plot

Pada tahun 1955, Henry Hill muda menjadi terpikat dengan kehidupan kriminal dan kehadiran Mafia di lingkungan kelas pekerja Italia-Amerika di Brooklyn . Dia mulai bekerja untuk caporegime lokal Paul “Paulie” Cicero dan rekan-rekannya: James “Jimmy” Conway, seorang pembajak truk dan gangster Irlandia-Amerika, dan Tommy DeVito, sesama remaja nakal. Henry mulai sebagai pagar untuk Jimmy, secara bertahap menuju ke kejahatan yang lebih serius.

Tiga rekan menghabiskan sebagian besar malam mereka di tahun 1960-an di klub malam Copacabana bermesraan dengan wanita. Henry mulai berkencan dengan Karen Friedman, seorang wanita Yahudi. Dia awalnya terganggu oleh kegiatan kriminal Henry tetapi akhirnya tergoda oleh gaya hidupnya yang glamor. Dia menikahinya, meskipun orang tuanya tidak setuju.

Pada tahun 1970, Billy Batts , seorang pria yang dibuat di kru Gambino yang baru saja dibebaskan dari penjara, berulang kali menghina Tommy di sebuah klub malam milik Henry; Tommy dan Jimmy kemudian memukul, menusuk dan menembak Billy sampai mati. Pembunuhan tanpa izin dari seorang pria yang dibuat mengundang pembalasan; menyadari hal ini, Jimmy, Henry, dan Tommy menutupi pembunuhan dengan mengubur tubuh di bagian utara New York.

Enam bulan kemudian, bagaimanapun, Jimmy mengetahui bahwa situs pemakaman dijadwalkan untuk pembangunan, mendorong mereka untuk menggali dan memindahkan mayat yang membusuk. Pada tahun 1974, Karen melecehkan nyonya Henry, Janice dan menahan Henry di bawah todongan senjata. Henry pindah dengan Janice, tetapi Paulie bersikeras bahwa dia harus kembali ke Karen setelah menagih hutang dari seorang penjudi di Tampa dengan Jimmy.

Setelah kembali, Jimmy dan Henry ditangkap setelah diserahkan oleh saudara perempuan penjudi, juru ketik FBI, dan mereka menerima hukuman penjara sepuluh tahun. Untuk mendukung keluarganya di luar, Henry memiliki obat-obatan yang diselundupkan oleh Karen dan menjualnya kepada sesama narapidana dari Pittsburgh . Pada tahun 1978, Henry dibebaskan bersyarat dan memperluas bisnis kokain ini melawan perintah Paulie, segera melibatkan Jimmy dan Tommy.

Jimmy mengatur kru untuk menyerang lemari besi Lufthansa di Bandara Internasional John F. Kennedy , mencuri beberapa juta uang tunai dan perhiasan. Setelah beberapa anggota membeli barang-barang mahal melawan perintah Jimmy dan truk pelarian ditemukan oleh polisi, ia memiliki sebagian besar kru dibunuh. Dalam narasi sulih suaranya , saat mayat ditemukan di seluruh kota, Henry berteori bahwa Jimmy akan tetap membunuh mereka daripada berbagi keuntungan dari pencurian. Tommy dan Henry terhindar dari Jimmy. Tommy tertipu untuk percaya bahwa dia telah diusulkan untuk dibuat; dia dibunuh dalam perjalanan ke upacara sebagai pembalasan atas pembunuhan Batts, meninggalkan Jimmy hancur.

Pada tahun 1980, Henry menjadi gelisah karena penggunaan kokain dan insomnia. Dia membuat kesepakatan narkoba dengan rekan-rekannya di Pittsburgh, tetapi ditangkap oleh agen narkotika, dan dipenjara. Setelah menyelamatkannya, Karen menjelaskan bahwa dia membuang kokain senilai $60.000 ke toilet untuk mencegah agen FBI menemukannya selama penggerebekan mereka, membuat mereka hampir tidak punya uang. Merasa dikhianati oleh bisnis narkoba Henry, Paulie memberinya$3. 200 serta mengakhiri ikatan mereka.

Henry berjumpa Jimmy di suatu restoran serta diminta buat melaksanakan ekspedisi dengan tugas yang sukses, tetapi permintaan baru semacam itu membuatnya curiga. Henry menyadari bahwa Jimmy berencana untuk membunuhnya dan Karen, mendorong keputusannya untuk menjadi informan dan mendaftar, bersama keluarganya, dalam program perlindungan saksi.. Dia memberikan kesaksian yang cukup untuk membuat Paulie dan Jimmy ditangkap dan dihukum.

Henry bersyukur masih hidup, tetapi dia dipaksa keluar dari kehidupan gangsternya dan harus menyesuaikan diri dengan kehidupan normal sekali lagi; dia menceritakan, “Saya bukan siapa-siapa. Saya bisa menjalani sisa hidup saya seperti orang bodoh .”

Baca juga : Review dan Sinopsis Film Black Widow

Kartu judul akhir, pada tahun 1990, menyatakan bahwa Henry masih menjadi saksi yang dilindungi, tetapi dia ditangkap pada tahun 1987 di Seattle karena konspirasi narkotika, menerima masa percobaan lima tahun. Dia sudah bersih sejak saat itu. Dia dan Karen berpisah pada tahun 1989 setelah 25 tahun menikah, sementara Paulie meninggal tahun sebelumnya di Penjara Federal Fort Worth pada usia 73 tahun karena penyakit pernapasan. Jimmy menjalani hukuman 20 tahun hingga seumur hidup di penjara New York karena pembunuhan, di mana ia akan dibebaskan bersyarat pada tahun 2004 pada usia 78 tahun.

Trailer
Kualitas: HD
Rating: 7.5 / 10 (1543553)
Genre: Film, Movie

Film Terkait