Penelitian Aksi di Bidang Dampak Film Dokumenter Kanada

Penelitian Aksi di Bidang Dampak Film Dokumenter KanadaAwal tahun ini, mahasiswa MES Tamo Campos dianugerahi hibah magang penelitian MITACS Accelerate untuk melakukan penelitian aksi di bidang dampak film dokumenter Kanada dengan media independen Masyarakat Film Story Money Impact (SMI). Dengan Martha Stiegman dan Leesa Fawcett sebagai pengawas akademik, penelitian tindakan mengeksplorasi bidang produksi dampak yang sedang berkembang di Kanada.

Penelitian Aksi di Bidang Dampak Film Dokumenter Kanada

mydvdtrader – Bidang ini melibatkan pembuatan kemitraan antara film dokumenter dan gerakan sosial yang ada dan sektor nirlaba yang mengeksplorasi pertanyaan tentang bagaimana menghasilkan dampak dapat berkontribusi pada perubahan sosial yang berarti, keterampilan utama apa yang dibutuhkan untuk menjadi produser dampak, dan bagaimana kita melatih orang untuk menjadi produsen dampak.

Bekerja sama dengan SMI, Tamo merancang proyek penelitian yang melibatkan dua bagian komponen pertama adalah rancangan silabus dan kurikulum untuk Program POD penghasil dampak SMI. POD adalah program online 15 minggu yang melatih individu di seluruh Kanada dengan keterampilan dan kotak peralatan dari penghasil dampak. Selain itu, ia berkolaborasi dengan kampanye tiga film No Visible Trauma, Kimapiiyipitsini: The Meaning of Empathy, dan Klabona Keepers dalam program Story to Action SMI, serta mewawancarai pembuat film tentang pengalaman mereka bekerja dengan produser yang berpengaruh.

Baca Juga : 10 Film Neo-Noir Terbaik Sepanjang Masa, Menurut Reddit

“Penelitian MES saya di Universitas York mengeksplorasi bidang penghasil dampak yang berkembang di Kanada. Istilah menghasilkan dampak menggambarkan bidang yang muncul dalam film dokumenter Kanada yang menggabungkan distribusi, penjangkauan masyarakat, dan keterlibatan penonton ke dalam kampanye formal untuk perubahan sosial,” kata Campos. Seperti yang dijelaskan oleh Organisasi Dokumenter Kanada, produser dampak menyusun dan melaksanakan kampanye strategis termasuk distribusi, komunikasi, penjangkauan, keterlibatan sosial, dan pemasaran untuk memaksimalkan dampak sosial dari sebuah film, tambahnya.

Sebuah subbagian dari penelitiannya melibatkan pemeriksaan strategi dampak yang digunakan untuk The Klabona Keepers. Campos membuat film tersebut selama delapan tahun dan menceritakan kisah komunitas kecil Pribumi yang berjuang untuk melindungi Hulu Suci mereka. The Klabona Keepers adalah potret intim komunitas Pribumi yang dinamis yang berhasil melindungi Sacred Headwaters, yang dikenal sebagai Klabona, barat laut British Columbia, dari aktivitas industri.

Mencakup 15 tahun perlawanan yang dipimpin ibu pemimpin, film ini mengikuti sekelompok kecil tetua yang gigih di desa Iskut saat mereka sembuh dari luka penjajahan untuk melawan penegakan hukum, pemerintah, dan beberapa perusahaan multinasional terbesar di dunia. Terletak di antara adegan kebuntuan dan blokade, para pembela tanah merenungkan bagaimana sejarah pemindahan paksa, sekolah tempat tinggal, dan trauma mereka memperkuat tekad mereka untuk melindungi tanah yang sangat penting untuk perjalanan penyembuhan mereka.

Film dokumenter itu dibuat oleh Campos dan Jasper Snow-Rosen, dua pembuat film non-Pribumi, yang kebetulan singgah di SPBU Iskut pada 2013. Yang tadinya pit stop berubah menjadi percakapan, lalu ajakan dan akhirnya menjadi diminta oleh masyarakat untuk memfilmkan aksinya. Penjaga Klabona sedang melakukan blokade aktif terhadap Fortune Minerals di area Klappan. Kedua pembuat film menggunakan kamera dan peralatan mereka untuk mengunggah cuplikan blokade, memungkinkan komunitas untuk mendapatkan perhatian media yang penting dengan menyoroti apa yang sedang terjadi. Pencelupan cepat mereka ke Iskut berubah menjadi tujuh minggu di blokade, dan hidup mereka terbalik oleh pendirian berani para tetua Iskut dan terinspirasi dari kekuatan dan tujuan para Keeper Klabona.

“Memposisikan diri saya sebagai pemukim dalam komunitas Pribumi telah menjadi langkah awal untuk mulai menganalisis hubungan kami. Bagaimana seseorang mendekolonisasi metodologi produksi film kolaboratif dan kampanye dampak? Meskipun proses kami sangat kolaboratif, tidak ada yang namanya seni netral. Kami terus-menerus mempertanyakan cara kami membingkai alur cerita, sebagai cara untuk memeriksa politik dan etika representasi kami atas cerita orang lain,” catat Campos.

Saya menemukan diri saya berulang kali bertanya, “mengapa saya orang yang menceritakan kisah ini?”, “bagaimana saya menceritakannya?”, “asumsi apa yang saya bawa ke cerita ini?” dan “titik buta apa yang saya bawa?”. Pertanyaan dan kekhawatiran ini terus membingkai pendekatan kami selama proses pembuatan film. Memiliki kekayaan intelektual yang dimiliki oleh para partisipan utama dan pembela tanah membalikkan paradigma ini dengan membuat tim film melayani protagonisnya dan gerakan sosial yang lebih besar. “Bukan suatu kehormatan untuk menceritakan kisah Anda oleh seseorang, melainkan suatu kehormatan dan hak istimewa untuk menceritakan kisah orang lain,” komentarnya.

Memang, Penjaga Klabona memberikan contoh unik tentang bagaimana produser yang berdampak dapat disematkan selama proses pembuatan film. Campos dan Snow-Rosen tidak memiliki model teoretis formal selama proses pembuatan film mereka, tetapi mewujudkan pemahaman bahwa itu adalah hak istimewa dan hadiah untuk menyatukan cerita, dan bahwa tidak pantas mengambil keuntungan dari pengorbanan finansial dan emosional. dari perjuangan pertahanan darat selama 15 tahun. Film ini dibuat dengan kolaborasi dan arahan yang konstan dari para tetua. Mereka telah menyumbangkan waktu mereka dan menyusunnya sehingga kekayaan intelektual film tersebut dimiliki oleh para tetua di dalamnya. Para sesepuh juga telah memutuskan bahwa semua hasil dari pemutaran film tersebut akan digunakan untuk program pemuda Iskut di daerah Klabona yang terancam.

“Masyarakat Iskut berhasil mempertahankan wilayah tradisional mereka dari pengeboran gas alam dan penambangan batu bara,” kata Asisten Profesor Martha Stiegman. Seperti inilah penegasan yurisdiksi adat, hukum adat. Ini adalah jenis aksi iklim yang perlu didukung oleh semua orang Kanada dan dalam bekerja menuju rekonsiliasi, dan atas nama memastikan planet yang layak huni untuk generasi mendatang. Proses kolaboratif yang digunakan Tamo dan Jasper dalam pembuatan The Klabona Keepers, dan kampanye dampak yang mereka bangun dengan film ini, melakukan hal itu.

Campos berharap agar film tersebut memicu perjuangan berkelanjutan untuk tanah dan keadilan bagi keluarga Penjaga Klabona. Saya berharap memfasilitasi ruang-ruang ini dan membangun film ini akan menginspirasi generasi pengorganisasi dan pembela tanah berikutnya untuk melangkah ke dalam pengorganisasian komunitas sepatu bot kakek-nenek mereka.

Dalam refleksi di lapangan, Campos berbagi bahwa Penghasilan dampak tidak terbatas pada ide, struktur, dan keahlian yang disebutkan dalam proyek master ini. Ini adalah interpretasi dan pengalaman saya sendiri di lapangan. Bahkan di dalamnya, saya pikir ada banyak ruang untuk berkembang. Saat produksi dampak menjadi lebih profesional, saya menyadari kebutuhan untuk menanamkan nilai, praktik, dan model anti-penindasan yang mendalam di lapangan. Kita harus menciptakan peluang yang dapat diakses dan beragam serta panduan etis terkait dampak produksi.

“Kesempatan bagi saya untuk meneliti pengalaman para pembuat film dan dampak kampanye mereka menawarkan keluasan dan kedalaman pemaparan yang signifikan ke bidang ini. Melalui penelitian ini, saya dapat mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan organisasi yang terus menginspirasi saya. Saya berterima kasih atas hubungan, kepercayaan, dan hubungan dengan SMI ini, yang memungkinkan saya untuk membangun begitu banyak pengalaman dalam waktu singkat. Saya berhutang budi atas kerja baik staf, dewan, dan komunitas mereka,” pungkasnya.

Trailer
Kualitas: HD
Rating: 8.5 / 10 (536449)

Film Terkait