Film Fisik vs. Digital: Apakah Blu-ray Lebih Baik Daripada Unduhan?

Film Fisik vs. Digital: Apakah Blu-ray Lebih Baik Daripada Unduhan?Salah satu pertanyaan terbesar yang dihadapi penggemar film saat ini adalah apakah mereka harus membuat koleksi film fisik atau digital. Kami akan menjelajahi poin pembicaraan utama untuk setiap opsi untuk membantu Anda menjawab sendiri pertanyaan ini.

Film Fisik vs. Digital: Apakah Blu-ray Lebih Baik Daripada Unduhan?

mydvdtrader.com – Kami sebagian besar akan mengacu pada unduhan film 4K Blu-ray dan iTunes karena itu yang paling populer. Tetapi argumen yang akan kami buat berfungsi sama untuk disk fisik dan toko digital lainnya juga.

Film Fisik vs. Digital: Kualitas Video dan Audio

Sebagian besar film tersedia dalam video 4K dengan beberapa bentuk suara surround Dolby untuk pembelian Blu-ray fisik dan pembelian iTunes digital. Namun Anda salah jika berpikir bahwa kualitas video dan audio sama persis di kedua format. Film dari iTunes, dan toko digital lainnya, masih gagal menyamai kualitas yang Anda dapatkan dengan Blu-ray 4K.

Baca Juga : Penelitian Aksi di Bidang Dampak Film Dokumenter Kanada

Biasanya, film Blu-ray membutuhkan penyimpanan sekitar 25GB hingga 35GB. Ini terlalu banyak data bagi kebanyakan orang untuk streaming atau unduh menggunakan iTunes, jadi Apple memampatkan film menjadi sekitar sepersepuluh dari ukuran itu.

Meskipun kompresi Apple cukup bagus—Anda masih mendapatkan definisi 4K dan audio berkualitas tinggi—Anda kehilangan beberapa detail dibandingkan dengan Blu-ray 4K. Ini paling jelas terlihat pada gambar yang lebih gelap dan gradien warna, di mana kompresi menghasilkan tekstur datar atau garis melintang.

Hal yang sama berlaku untuk audio, dengan Blu-ray menawarkan kualitas audio yang nyaris tanpa kehilangan dan jangkauan dinamis yang jauh lebih luas daripada yang Anda dapatkan dengan iTunes. Namun, meskipun Blu-ray menawarkan kualitas video dan audio yang lebih tinggi daripada iTunes, itu tidak berarti Anda akan benar-benar melihat perbedaannya.

Film iTunes digital masih terlihat dan terdengar fantastis, dan kebanyakan orang perlu melakukan perbandingan langsung menggunakan peralatan home theater yang mahal untuk menemukan perbedaan antara kedua format tersebut.

Film Fisik vs. Digital: Kenyamanan

Banyak orang senang membuat koleksi film fisik. Mereka menumpuk seluruh rak buku dengan Blu-ray sebagai monumen kecintaan mereka pada film. Tetapi rak buku Blu-ray dengan cepat menjadi penghalang ketika Anda tidak dapat memuat pembelian terbaru Anda atau Anda perlu mencari cara untuk mengangkut dan menyimpannya di rumah baru.

Film digital tidak mengalami masalah ini. Film digital tidak memerlukan ruang fisik dan, kecuali Anda menyimpan semua film yang diunduh, Anda bahkan tidak memerlukan penyimpanan digital untuk mengalirkannya. Terlebih lagi, semua film Anda selalu bersama Anda, di mana pun di dunia yang bisa Anda dapatkan secara online.

Juga tidak perlu bangun untuk mengganti disk di pemutar Blu-ray. Jika Anda ingin menonton film digital, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilihnya di perpustakaan Anda dan menekan tombol play. Tentu mungkin ada sedikit keterlambatan saat Anda menunggu pengunduhan atau streaming ke buffer, tetapi ini masih lebih cepat daripada mengganti disk dan menunggu Blu-ray dimuat.

Film Fisik vs. Digital: Ketersediaan

Tidak hanya lebih cepat untuk mulai menonton film digital dibandingkan dengan film fisik, tetapi juga lebih cepat untuk membelinya. Hampir setiap film yang ingin Anda tonton tersedia untuk pembelian instan di iTunes.

Sebaliknya, untuk membeli film fisik, Anda perlu melakukan pemesanan online dan menunggu pengiriman atau memakai sepatu Anda dan pergi ke toko. Meski begitu, mereka mungkin tidak memiliki stok yang Anda inginkan.

Jika sebuah film berusia beberapa tahun, Anda mungkin kesulitan menemukan salinan fisiknya yang baru, tetapi iTunes tidak akan pernah kehabisan stok.

Kadang-kadang, Anda mungkin menemukan film yang hilang dari toko digital, seperti hampir semua film Studio Ghibli. Tetapi sebagian besar, jauh lebih mudah menemukan film digital daripada film fisik. Jika Anda menonton penjualannya, Anda bahkan dapat meraih penawaran hebat untuk film digital.

Di sisi lain, jika Anda senang membeli Blu-ray bekas, Anda dapat menghemat lebih banyak uang dengan menjelajahi pasar barang bekas, yang tidak mungkin dilakukan untuk film digital.

Film Fisik vs. Digital: Fitur Bonus

Anda bisa mendapatkan fitur bonus dengan pembelian film fisik dan digital. Namun, sebagian besar waktu Anda mendapatkan lebih banyak fitur bonus dengan Blu-ray daripada yang Anda dapatkan melalui iTunes dan toko digital lainnya. Ini terutama berlaku untuk trek komentar, yang tampaknya jarang untuk pembelian film digital.

Tentu saja, ini bervariasi dari film ke film. Jika Anda tertarik dengan fitur bonus, Anda harus selalu memeriksa apa yang Anda dapatkan di bagian belakang kotak Blu-ray atau di bagian iTunes Extras di toko iTunes. Biasanya fitur bonus terbaik dicadangkan untuk rilis edisi khusus, yang biasanya harganya lebih mahal daripada film yang berdiri sendiri.

Ini juga umum untuk rilis edisi khusus hanya keluar sebagai rilis fisik. Tidak semua orang peduli dengan fitur bonus, tetapi jika Anda seorang penggemar film yang ingin memulai koleksi seumur hidup, mereka pasti layak untuk dipikirkan.

Perlu juga diingat bahwa salah satu “fitur bonus” paling umum untuk Blu-ray sebenarnya adalah kode unduhan digital. Jadi sangat mungkin untuk menghindari memilih antara film fisik dan digital jika Anda memilih pembelian dengan bijak.

Film Fisik vs. Digital: Pemeriksaan Masa Depan

Seiring kemajuan teknologi, kami yakin akan melihat perkembangan baru dalam format film. Sudah, film telah bergeser dari VHS ke DVD ke Blu-ray. Setiap kali, itu mengarahkan orang untuk membangun kembali koleksi mereka dari awal. Hanya masalah waktu sampai kita melihat pergeseran serupa dari Blu-ray.

Memang, pergeseran itu masih lama, tetapi jika itu terjadi, Anda mungkin tidak lagi peduli dengan koleksi Blu-ray Anda. Sebaliknya, saat 4K semakin populer, Apple memutakhirkan ribuan film di perpustakaannya dari HD ke 4K. Jika Anda sudah memiliki salah satu film ini, Apple mengupgrade Anda ke 4K secara gratis.

Apple juga bukan satu-satunya pengecer yang melakukan ini, karena Google juga mengupgrade film orang ke 4K. Peningkatan gratis tidak selalu akan terjadi lagi di masa mendatang, tetapi mungkin saja terjadi. Padahal Anda pasti tidak akan pernah bisa mengupgrade koleksi fisik Blu-ray secara gratis. Karena kita berbicara tentang bukti koleksi film Anda di masa depan, ada baiknya juga menyebutkan kepemilikan hak.

Seperti yang ingin ditunjukkan oleh banyak orang, saat Anda membeli film digital, yang sebenarnya Anda beli adalah lisensi untuk menonton film tersebut melalui toko digital tersebut. Jika Apple, misalnya, kehilangan hak untuk mendistribusikan film tertentu, itu mungkin juga hilang dari perpustakaan Anda, tidak peduli berapa banyak Anda membayarnya. Ini tidak terlalu sering terjadi, tetapi kadang-kadang terjadi.

Baca Juga : Bagaimana Alexa Bliss Memulainya Di WWE

Dengan Blu-ray, Anda dapat terus menontonnya selamanya, siapa pun yang memiliki haknya. Namun seiring berjalannya waktu, Anda perlu khawatir tentang menjaga agar Blu-ray Anda tetap berfungsi. Sejumlah masalah, mulai dari goresan hingga lembap hingga banjir, dapat menyebabkan Blu-ray Anda berhenti bekerja.

Sisi positif dari Apple yang memiliki semua film Anda adalah tanggung jawab Apple untuk menjaganya tetap berfungsi. Anda dapat mempercayai Apple untuk menyimpan cadangan semua file film di servernya, tetapi kemungkinan besar Anda tidak akan mencadangkan koleksi Blu-ray Anda secara manual.

Cara Memilih Antara Film Fisik dan Digital

Jika Anda masih kesulitan untuk memutuskan antara koleksi film fisik dan digital, berikut adalah beberapa aturan keras dan cepat untuk membantu.

Pilih koleksi film fisik jika:

  • Anda menginginkan kualitas gambar dan suara tertinggi mutlak.
  • Anda ingin menampilkan film Anda di rumah untuk dilihat semua orang.
  • Anda lebih suka menghemat uang dengan membeli dan menjual Blu-ray bekas.
  • Anda ingin menonton semua fitur bonus dan mendengarkan semua komentar.

Pilih koleksi film digital jika:

  • Anda tidak ingin mendedikasikan ruang untuk ratusan kotak Blu-ray.
  • Anda suka langsung beralih antar film tanpa mengubah disk.
  • Anda ingin mengakses seluruh koleksi film Anda di perangkat apa pun di mana pun.
  • Anda menginginkan kemampuan untuk membeli dan menonton hampir semua film tanpa pergi ke mana pun.

Kami telah menawarkan ikhtisar yang cukup mendetail tentang semua poin pembicaraan utama saat membandingkan film fisik dan digital. Namun, seperti yang Anda lihat, tidak ada pemenang yang pasti. Perdebatan terus berlanjut, dan terserah Anda untuk memilih di mana letak prioritas Anda.

Trailer
Kualitas: HD
Rating: 8.5 / 10 (1003430)

Film Terkait