10 Film Neo-Noir Terbaik Sepanjang Masa, Menurut Reddit

10 Film Neo-Noir Terbaik Sepanjang Masa, Menurut Reddit – Pada tahun 1958, Orson Welles’ Touch of Evil menjadi hit di bioskop. Itu gelap, penuh kekerasan, sangat subversif, dan akhirnya menjadi akhir dari gerakan noir yang dimulai pada awal tahun 40-an. Selama hampir dua dekade itu, banyak pembuat film (Welles, Billy Wilder, Jacques Tourneur, dan banyak lagi) menggunakan genre kriminal untuk terjun ke kegelapan umat manusia tanpa melanggar Kode Hays. Kemudian, di akhir tahun 50-an, cahaya berhenti merembes melalui tirai Venesia itu. Noir sudah mati.

10 Film Neo-Noir Terbaik Sepanjang Masa, Menurut Reddit

mydvdtrader.com – Tapi tidak lama. Gerakan New Hollywood tahun 1970-an menyegarkan dan membayangkan kembali noir menjadi genre baru, yang disebut Anda dapat menebaknya neo-noir.

Baca Juga : Ulasan: The Screwtape Letters Oleh Perusahaan Tur

Sejak itu, penggemar film di Reddit (dan di seluruh dunia) berdebat tentang neo-noir terhebat sepanjang masa. 10 film ini sepertinya lebih banyak disebutkan daripada yang lain.

10. ‘Chinatown’ (1974)

Mari kita selesaikan di depan. Tidak ada daftar neo-noir yang lengkap tanpa Chinatown. Skenario Robert Towne secara luas dianggap sebagai yang terbesar yang pernah ditulis dan bukan hanya untuk baris terakhirnya.

Skrip asli Towne memiliki semua elemen noir klasik. PI yang kurang beruntung, femme fatale, dunia bawah tanah Los Angeles yang berbahaya. Tapi Towne mendorong lebih jauh, menekan tulang genre sampai patah. Pecinan bukan hanya tentang pria korup atau kejahatan atau kasus. Ini tentang sebuah kota, sebuah sistem, jurang kekayaan, hal-hal yang tak terpikirkan oleh manusia karena mereka bisa dan mau. Ini bukan hanya neo-noir yang esensial. Ini adalah mahakarya datar.

9. ‘The Long Goodbye’ (1973)

Sama pentingnya meskipun tidak kanonik adalah karya Robert Altman tahun 1973 The Long Goodbye, sebuah adaptasi dari novel Raymond Chandler tahun 1953 dengan judul yang sama. Film ini menampilkan PI Philip Marlowe yang terkenal dari Chandler, tetapi dalam banyak hal, kesamaannya berhenti di situ.

Dia memanggil detektif itu “Rip Van Marlowe” dan menginstruksikan Elliot Gould untuk memerankannya seolah-olah dia baru saja bangun dari hibernasi selama 20 tahun. Kemudian, dia memasukkan sinismenya sendiri ke dalam cerita. Dia ingin penonton melihat betapa kejam dan menghukum dunia ini. Hari ini, itu dianggap klasik, berkat visi Altman, skrip Leigh Brackett, sikap acuh tak acuh Gould, dan penampilan pendukung yang menghantui dari Sterling Hayden.

8. ‘Blade Runner’ (1982)

Neo-noir atau neon-noir ? Adaptasi Ridley Scott dari novel K. Dick Philip Do Androids Dream of Electric Sheep adalah andalan dari daftar neo-noir mana pun. Bertempat di masa depan dystopian yang jauh di tahun 2019, Blade Runner mengikuti seorang detektif tangguh (Harrison Ford) saat dia melacak sekelompok android nakal.

Meskipun berlatarkan “sci-fi”, film tersebut mungkin lebih dipengaruhi oleh Raymond Chandler dan Dashiell Hammett daripada oleh ahli fiksi ilmiah. Kotoran, mantel, ekspresionisme Jerman, sinisme Ford semuanya menambah noir. Tapi komentar Dick dan Scott tentang hubungan manusia yang rumit dengan teknologi yang mengubah genre dan mengangkatnya menjadi klasik neo-noir sepanjang masa.

7. ‘Collateral’ (2004)

Sopir taksi Max Durocher (Jamie Foxx) hanya ingin menghasilkan cukup uang untuk membuka layanan limusin. Suatu malam, dia menjemput Vincent (Tom Cruise) yang menawarinya bayaran selangit untuk mengantarnya berkeliling kota sepanjang malam. Hanya ada satu masalah kecil, Vincent adalah seorang pembunuh.

Film aksi Michael Mann tahun 2004 adalah salah satu penggambaran LA yang hebat (meskipun bukan representasi lalu lintas LA yang sepenuhnya akurat). Kecepatan yang stabil menciptakan rasa puas diri dan kemudian bahaya yang semakin dekat, karena kebrutalan Vincent terungkap dengan sendirinya. Segera, tidak ada momen dan tidak ada orang yang merasa aman.

6. ‘Kiss Kiss Bang Bang’ (2005)

Penulis-Sutradara Shane Black juga bisa menempatkan The Nice Guys di daftar ini, tetapi pada akhirnya, debutnya di tahun 2005 membuatnya menjadi gantinya. Mungkin neo-noir terlucu yang pernah dibuat, Kiss Kiss Bang Bang dibintangi oleh Robert Downey JR. dan Val Kilmer sebagai pencuri yang berubah menjadi aktor dan detektif yang melatihnya untuk peran selanjutnya. Tapi setelah menemukan mayat di bagasi, keduanya terlibat dalam rencana pembunuhan.

5. ‘Brick’ (2005)

Bagaimana jika Philip Marlowe masih SMA? Itu tentang panjang dan pendeknya dalam Rian Johnson tahun fitur debut 2005 Brick , yang mengikuti Joseph Gordon-Levitt muda sebagai remaja yang menyelidiki hilangnya pacarnya.

Bahkan saat pertama kali keluar, Johnson menunjukkan bakat awal untuk menempatkan kamera, mendefinisikan ulang pola dasar karakter, dan menulis dialog yang mematikan. Misalnya: “Sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda ingin tahu apa yang ingin Anda ketahui.” Dan “Mungkin aku akan duduk di sini dan berdarah padamu.” Dapat dimengerti mengapa begitu banyak orang menyebut Brick sebagai salah satu neo-noir yang hebat.

4. ‘Body Heat’ (1981)

Dalam film klasik noir tahun 1944, Double Indemnity, seorang istri dan kekasih agen asuransinya menyusun rencana untuk membunuh suaminya dan menagih pembayaran asuransi. Pada tahun 1981, penulis-sutradara Lawrence Kasdan mempresentasikan kisah ikoniknya sendiri Body Heat dengan sentuhan lebih banyak seks dan lebih banyak keringat.

Kathleen Turner dan William Hurt berperan sebagai kekasih yang disebutkan di atas. Tapi saat rencana mereka mulai terbentuk, hal itu juga terurai. Begitulah sifat kejahatan dalam naskah Kasdan: “Setiap kali Anda mencoba kejahatan yang layak, Anda punya lima puluh cara Anda akan mengacau. Jika Anda memikirkan dua puluh lima di antaranya, maka Anda jenius dan Anda tidak bukan jenius.”

3. ‘Fargo’ (1996)

Seorang pria biasa menciptakan skema kriminal untuk mengangkatnya keluar dari kesengsaraan sehari-hari yang membosankan. Dosanya bukan hanya kejatuhannya. Itu membawa Neraka pada semua orang di sekitarnya.

Banyak noir mengikuti plot dasar itu, tetapi Coen Brothers mengeksploitasinya dalam film nominasi Film Terbaik mereka tentang seorang penjual mobil Minnesota yang menyewa dua penjahat untuk menculik istrinya dan menahannya untuk tebusan dari ayah mertuanya yang kaya. Jelas, rencananya berantakan. Bencana pun terjadi. Dan petugas polisi setempat (Frances McDormand) dibiarkan bertanya kepada penjual: “Untuk apa? Untuk sedikit uang?”

2. ‘Mulholland Drive’ (2001)

Neo-noir lain yang sering disebutkan adalah film David Lynch tahun 2001 Mulholland Drive, yang hampir tidak mungkin dijelaskan hanya dalam beberapa kalimat singkat.

Banyak orang menganggap karya terbaik Mulholland Drive Lynch, potret mimpi yang rumit orang-orang yang datang ke Hollywood, bahkan orang-orang pada umumnya. Narasi mungkin tidak selalu masuk akal, tetapi seharusnya tidak. Ini adalah tetesan sinisme yang manis di kota yang menjajakan harapan palsu hal-hal yang menjadi bahan impian.

1. ‘Oldboy’ (2003)

Banyak neo-noir lain yang bisa dimasukkan Basic Instinct, LA Confidential, Seven, dan seterusnya. Tetapi bagi banyak orang, Park Chan-wook Oldboy adalah genre klasik.

Setelah dipenjara selama lima belas tahun, seorang pria yang baru dibebaskan melakukan perburuan gila-gilaan untuk membalas dendam pada orang-orang yang bersalah padanya. Tapi seperti yang ditunjukkan noir kepada penonton selama bertahun-tahun, balas dendam ada harganya. Harga yang sangat tinggi.

Trailer
Kualitas: HD
Rating: 9.5 / 10 (483505)
Genre: Film, Movie, Series

Film Terkait