Review Film The Eight Hundred

Review Film The Eight Hundred – The Eight Hundred adalah sebuahfilm drama perang sejarah Tiongkok tahun 2020yang disutradarai dan ditulis bersama oleh Guan Hu, dan dibintangi oleh Huang Zhizhong, Oho Ou, Jiang Wu, Zhang Yi, Wang Qianyuan, Du Chun, Vision Wei, Li Chen, Yu Haoming, Tang Yixin, dan Zheng Kai.

Review Film The Eight Hundred

mydvdtrader – Film ini didasarkan pada peristiwa kehidupan nyata Pertahanan Gudang Sihang pada tahun 1937 Shanghai oleh nasionalis KMTpasukan selama Pertempuran Shanghai dan Perang Tiongkok-Jepang Kedua.

Plot

Melansir wikipedia, Selama hari-hari awal Perang Tiongkok-Jepang Kedua, dan dalam skala yang lebih besar pada Perang Dunia II, Tentara Kekaisaran Jepang menyerbu Shanghai dalam apa yang kemudian dikenal sebagai Pertempuran Shanghai. Sesudah menahan Jepang selama lebih dari 3 bulan, serta menderita kerugian besar, tentara China terpaksa mundur karena bahaya dikepung.

Baca juga : Review Film One Flew Over the Cuckoo’s Nest

Letnan Kolonel Xie Jinyuan dari Resimen 524 dari kurang lengkap Divisi ke-88 dari Tentara Revolusioner Nasional, yang dipimpin 452 perwira muda dan tentara untuk membela Sihang Gudangmelawan Divisi Kekaisaran Jepang ke-3 yang terdiri dari sekitar 20.000 tentara dalam upaya terakhir bunuh diri heroik melawan Jepang di bawah perintah Generalissimo dari Nasionalis Cina, Chiang Kai-shek.

Keputusan itu dibuat untuk memberikan dorongan moral kepada orang-orang China setelah kekalahan Beijing dan Shanghai, dan membantu memacu dukungan dari Sekutu, yang berada dalam pandangan penuh pertempuran dari Pemukiman Internasional di Shanghai tepat di seberang Sungai Suzhou.

Guan Hu telah mempersiapkan film tersebut selama 10 tahun. The Eight Hundred adalah film Cina pertama atau film komersial Asia yang seluruhnya direkam dengan kamera IMAX. Tim produksi telah membangun satu set nyata 68 bangunan dengan luas 133.333 meter persegi (1.435.180 kaki persegi) di Suzhou, Cina timur ‘s Jiangsu provinsi. Nilai investasi film ini mencapai CN 550.000.000 ( US$ 80.000.000). Pengambilan gambar utama dimulai pada 9 September 2017 dan selesai pada 27 April 2018.

Soundtrack

Sebuah lagu tema untuk film berjudul “Remembering” ditulis oleh Bob Ezrin, Shridhar Solanki, Cheng Zhang dan Isabel Yue Yin berdasarkan melodi dari Londonderry Air dan dibawakan oleh Andrea Bocelli dan Na Ying. Lagu tema memiliki versi bahasa Inggris dan Mandarin. Lagu tema disertai dengan tema utama dan skor film yang ditulis oleh Rupert Gregson-Williams dan Andrew Kawczynski.

Release

Film ini awalnya dijadwalkan tayang perdana pada 15 Juni 2019 selama slot pembukaan bergengsi Festival Film Internasional Shanghai tetapi diundur menjadi 5 Juli, karena “konsultasi antara tim produksi dan entitas lain”. Sebelum penarikan, Asosiasi Penelitian Budaya Merah China, sebuah kelompok non-pemerintah, mengadakan konferensi akademis tentang pembuatan film di mana para peserta menyuarakan pendapat tentang film tersebut.

Para hadirin tidak setuju dengan penggambaran Tentara Revolusioner Nasional, dengan mengatakan bahwa film tersebut gagal untuk menggambarkan “penindasan kelas di dalam barisan tentara Kuomintang, kelakuan buruk para perwiranya dan penindasan jahatnya terhadap rakyat”. Menurut laporan yang dipublikasikan di platform media sosial WeChat, para peserta mengeluh bahwa film tersebut terlalu memuliakan tentara Kuomintang.

Setelah itu, pemutaran film di festival film Shanghai dibatalkan. Jia Zhangke, seorang pembuat film terkemuka, mengkritik keputusan tersebut, dengan mengatakan di Sina Weibo “hal-hal tidak dapat dilakukan seperti itu untuk bisnis pembuatan film”.

Film ini kemudian ditunda lagi dari tanggal rilis 5 Juli 2019. Didorong mundur lebih dari setahun karena gagal melewati sensor, pada 2 Agustus 2020, produser mengumumkan bahwa film tersebut dijadwalkan untuk rilis pada 21 Agustus 2020 secara nasional di Tiongkok. Versi teater dikatakan 13 menit lebih pendek dari yang akan diputar pada 2019 di festival film Shanghai.

Box office

Pratinjau film tersebut diputar pada hari Jumat 14 Agustus, menghasilkan $2,1 juta, kemudian pada hari Senin 17 Agustus dan Selasa 18 Agustus, menghasilkan sekitar $7,6 juta setiap malam dengan total pratinjau $16,8 juta. Kemudian menghasilkan $40 juta pada hari pembukaan resminya. Itu menghasilkan total $ 116 juta (RMB 803,2) di akhir pekan pembukaannya (termasuk pratinjau), debut terbesar tahun 2020 hingga saat itu.

Pada tahun kalender 2020, The Eight Hundred telah meraup lebih banyak di satu wilayah daripada rilis lainnya, setelah menghasilkan $ 366 juta di Cina. Secara total, film tersebut menghasilkan $461,4 juta, menjadikannya film terlaris kedua pada tahun 2020.

Tanggapan

Pada agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini mendapat peringkat persetujuan 86% berdasarkan 24 ulasan kritikus, dengan peringkat rata-rata 6,63/10. Di Metacritic, ia memiliki skor rata – rata tertimbang 64 dari 100, berdasarkan 7 ulasan kritikus, menunjukkan “ulasan yang umumnya menguntungkan.”

Ian Freer dari Empire menganugerahi film tersebut 4 bintang dari 5, dengan menulis, ” Delapan Ratus luas, dan tidak melakukan apa pun dengan tergesa-gesa — judul utama muncul dalam 20 menit — dan pada akhirnya ada terlalu banyak karakter untuk dipedulikan, tetapi ke mana pun Anda berbelok, ada pembuatan film yang fantastis, berpindah-pindah antara sapuan besar dan momen yang lebih tenang.”

Maggie Lee dari Variety menggambarkan film tersebut sebagai “monumental, jika terkadang berat”, membandingkannya dengan Dunkirk (2017) dan menulis, “kisah ini memang memiliki sentimen yang sama tentang bertahan hidup, ketabahan, dan kemenangan dalam kekalahan… itu juga menjerumuskan penonton ke dalam keduanya. keintiman dan besarnya tontonan perang brutal sambil membenamkannya dalam kanvas periode yang dipasang dengan memukau.”

Namun, dia juga merasa bahwa “daftar karakter begitu membengkak, sulit untuk mengikuti lintasan mereka — dan pada akhirnya, untuk sangat peduli. Sebagai Kolonel Xie Jinyuan, yang kepemimpinannya merupakan kekuatan pendorong ketahanan gigih mereka, Du Chun menunjukkan hampir tidak ada rentang dalam penampilannya.”

Cath Clarke dari The Guardian menganugerahkan film tersebut 3 bintang dari 5, mengkarakterisasi film tersebut sebagai “Pertempuran mendebarkan, mendebarkan untuk [the] Chinese Alamo… Guan pergi palu dan penjepit dengan efek khusus, memberikan luar biasa, joint- adegan pertempuran yang sangat keras serta urutan pertempuran yang diedit dengan cepat dari film superhero.” Namun, ia menyatakan bahwa “sulit untuk terlalu peduli tentang siapa yang hidup atau mati”, karena “dengan begitu banyak fokus intens yang dicurahkan pada aksi, ada tidak ada yang tersisa untuk kehidupan emosional karakter”.

Baca juga : Review Film: ‘Notebook’

Michael Ordoña dari Los Angeles Times, mengulas versi teater pendek dari film tersebut, dengan cara yang sama berkomentar bahwa “melompati seluruh bagian pengembangan karakter, bersama dengan logika banyak pilihan dan adegan… Daripada membenamkan kita pada saat itu seperti, katakanlah, Black Hawk Down dengan intensitasnya yang tak henti-hentinya, Eight Hundred memiliki banyak waktu henti berkelok-kelok yang tersebar di antara pemeran karakternya yang besar.

Namun entah bagaimana, kita tidak mengenal orang-orang ini.” Dia menambahkan bahwa itu merayakan “nasionalisme yang kuat” atau “kemartiran yang dijimatkan” dan menggambarkan “semacam protagonis” sebagai “lebih banyak tipe daripada orang yang sebenarnya”.

Trailer
Kualitas: HD
Rating: 7.5 / 10 (420850)
Genre: Film

Film Terkait