Review Film One Flew Over the Cuckoo’s Nest

Review Film One Flew Over the Cuckoo’s Nest – “One Flew Over the Cuckoo’s Nest” (1975) ada di setiap daftar film favorit. Itu adalah film pertama sejak “It Happened One Night” (1934) yang memenangkan kelima Academy Awards teratas, untuk film terbaik, aktor (Nicholson), aktris ( Louise Fletcher ), sutradara ( Milos Forman ) dan skenario ( Lawrence Hauben dan Bo Goldman).

Review Film One Flew Over the Cuckoo’s Nest

mydvdtrader – Bisa jadi dalam hal ini menang juga, untuk sinematografi ( Haskell Wexler ) dan editing ( Richard Chew ). Saya hadir di pemutaran perdana dunianya, di Festival Film Chicago 1975, di Teater Uptown 3.000 kursi, dan belum pernah mendengar resepsi yang lebih kacau untuk sebuah film (tidak, bahkan selama ET The Extra-Terrestrial” di Cannes). Setelah pemutaran film, co-produser muda pertama kali, Michael Douglas, berkeliaran di lobi dengan bingung.

Melansir rogerebert, Tapi apa yang dipikirkan penonton, yang sangat menyukai film itu? Film ini dikenang sebagai komedi tentang pemberontakan narapidana yang dipimpin oleh McMurphy, dan perjalanan memancing, pesta sepanjang malam, dan pembangkangannya terhadap Perawat Ratched (Fletcher) – tetapi sebenarnya ini adalah tentang kekalahan McMurphy. Seseorang dapat menyebutnya sebagai kemenangan moral, dan bersukacita dalam pelarian Chief, tetapi itu adalah penghiburan kecil bagi McMurphy.

Baca  juga : Review Film The Perfect Storm

Film ini didasarkan pada novel laris tahun 1962 karya Ken Kesey, yang menurut pengamatan Pauline Kael “mengandung esensi kenabian dari seluruh periode politik revolusioner Vietnam yang menjadi psikedelik.” Disederhanakan untuk tahun 1970-an menjadi sebuah perumpamaan tentang penegakan konformisme masyarakat, hampir sengaja mengabaikan realitas penyakit mental untuk mengubah pasien menjadi sekelompok karakter suka diemong matang untuk pemandu sorak McMurphy.

Kami menemukan bahwa Chief tidak benar-benar bisu, Billy tidak perlu gagap, dan yang lain tidak perlu dilumpuhkan oleh rasa malu atau takut. Mereka akan disembuhkan bukan dengan pil Perawat Ratched, Muzak, dan kelompok diskusi, tetapi oleh McMurphy yang membebaskan mereka menjadi laki-laki–untuk menonton Seri Dunia di TV, pergi memancing, bermain bola basket, mabuk, bercinta. Pesan untuk narapidana yang malang ini adalah: Jadilah seperti Jack.

Pendekatan film yang sederhana terhadap penyakit mental sebenarnya bukanlah kesalahan dari film tersebut, karena film tersebut tidak tertarik pada kegilaan. Ini tentang semangat bebas dalam sistem tertutup. Perawat Ratched, yang begitu tidak fleksibel, begitu tidak terlihat, begitu yakin bahwa dia benar, mewakili Momisme pada ekstrem radikalnya, dan McMurphy adalah Huck Finn yang ingin melepaskan diri dari versi peradabannya. Film ini antara lain sangat takut pada wanita; hanya dua yang digambarkan secara positif adalah teman pelacur McMurphy, Candy dan Rose. Maksud saya ini sebagai pengamatan, bukan kritik.

Masa lalu McMurphy diisyaratkan di awal film; dia dijatuhi hukuman penjara pertanian karena penyerangan kriminal terhadap seorang gadis di bawah umur (“dia bilang dia berusia 18”), dan telah dikirim ke rumah sakit jiwa untuk “evaluasi.” Dia berusia 38 tahun, jelas seorang penggalang, namun sangat demokratis: Dia mengambil pasien pada nilai nominal, memperlakukan penyakit mereka sebagai pilihan yang dapat dibalik, dan mencoba dengan kekuatan kemauan untuk menghancurkan mereka menjadi rasa kebebasan. Film ini melihat pasien dengan cara yang sama.

Pemotretan dan pengeditan memberikan foto reaksi yang hampir selalu memiliki pesan yang sama: Ekspresi tetap pasien tertentu disalahartikan karena konteks baru yang disediakan oleh McMurphy. Pertimbangkan adegan di mana McMurphy telah mencuri perahu dan memiliki teman-temannya di kapal. Saat dia ditanyai,dia memperkenalkan mereka semua sebagai dokter, dan ada potongan cepat untuk closeup masing-masing yang tampak seperti dokter. Ini tidak ada hubungannya dengan penyakit mental tetapi semuanya berhubungan dengan komedi.

Kinerja Nicholson adalah salah satu poin tertinggi dalam karir panjang pemberontak yang patut ditiru. Jack adalah kehadiran Amerika yang dicintai, aktor luar biasa yang bahkan lebih penting lagi adalah sprite pria yang luar biasa. Lelucon yang bersembunyi di balik permukaan sebagian besar penampilannya adalah bahwa dia lolos dengan hal-hal karena dia tahu bagaimana, ingin, dan memiliki keberanian untuk melakukannya.

Karakternya berdiri untuk kebebasan, anarki, kepuasan diri dan melawan sistem, dan seringkali mereka juga mewakili persahabatan yang murah hati dan semacam bangsawan yang tidak peduli. Kunci keberhasilan karyanya dalam About Schmidt adalah bahwa ia menyembunyikan kualitas-kualitas ini – ia menjadi salah satu pasien, bukannya McMurphy yang membebaskan.

Jika penampilannya dirayakan dengan adil, penampilan Louise Fletcher, meskipun Oscar, tidak cukup dihargai. Ini mungkin karena Perawatnya Ratched sangat hina, dan karena dia mewujudkan begitu lengkap kualitas yang kita semua (pria dan wanita) telah ajarkan untuk takut pada figur otoritas wanita tertentu – seorang wanita yang telah memasukkan seksualitas dan kemanusiaan menjadi kewajiban dan kebenaran. Mengenakan kostum perawat kuasi-militernya, dengan topi kecilnya dan jubah bergaya Perang Sipil, dia adalah dominatrix dan sipir, diikuti di mana-mana oleh perawat kecil yang tidak berbicara yang merupakan pembantunya.

Karena kami menanggapinya dengan sangat kuat, kami hampir tidak melihat penampilan Fletcher. Tapi perhatikan ketenangannya yang luar biasa, “keadilan”nya yang tenang, kepatuhannya yang tidak fleksibel terhadap aturan, seperti dalam adegan di mana dia menuntut McMurphy mendapatkan suara mayoritas untuk menyalakan World Series di TV – ini terlepas dari kenyataan bahwa mayoritas pasien tidak mengerti apa yang mereka pilih.

Pada akhirnya, ketika nasib akhir McMurphy diputuskan, perhatikan bagaimana administrator pria secara tentatif menyarankan agar dia dikirim kembali ke peternakan penjara, tetapi Ratched dengan tegas menentangnya: “Kita tidak boleh menyerahkan tanggung jawab kita kepada orang lain.”

Apakah “One Flew Over the Cuckoo’s Nest” bukan film yang bagus karena manipulatif, atau bagus karena manipulatif yang luar biasa? Saya bisa melihatnya melalui salah satu filter. Ini tetap populer sebagai perumpamaan anti kemapanan, tetapi mencapai kesuksesannya dengan sengaja memilih untuk menggunakan pasien mental sebagai karikatur komik.

Keputusan ini mengarah pada perjalanan memancing, yang sekaligus merupakan adegan paling populer, dan paling salah, dalam film. Ini adalah jempol gembira McMurphy di mata untuk Ratched dan jenisnya, tetapi energi dari urutan tidak dapat menyamarkan kegelisahan dan kebingungan pria yang, dalam banyak kasus, tidak tahu di mana mereka berada, atau mengapa.

Pertimbangkan dengan perbandingan pidato tenang, larut malam oleh Chief ( Will Sampson ), yang berbicara tentang ayahnya. Ini adalah jendela ke karakter nyata dengan masalah nyata, yang telah memilih untuk dianggap tuli dan bisu daripada membicarakannya. Perlakuan McMurphy berhasil untuknya, dan mengarah ke kesempurnaan menyedihkan dari adegan terakhir – di mana, jika dia bisa melihatnya, McMurphy akan bangga dengan murid bintangnya.

Milos Forman, lahir di Cekoslowakia pada tahun 1932, telah menjadi salah satu penafsir besar tata krama dan adat istiadat Amerika. Sebagai pemimpin Gelombang Baru Ceko, film-film awalnya seperti “Loves of a Blonde” (1965) dan The Firemen’s Ball (1968) memenangkan penonton di seluruh dunia dengan menggunakan humor paradoks. (Dalam apa yang dilihat sebagai perumpamaan kehidupan di bawah komunisme, petugas pemadam kebakaran datang terlambat untuk menyelamatkan gudang, tetapi ketika petani mengeluh kedinginan, mereka membantu memindahkannya lebih dekat ke api).

Setelah “musim semi Praha” datanglah tindakan keras Soviet, dan Forman melarikan diri ke Amerika, di mana ia meraih kesuksesan luar biasa (” Amadeus miliknya pada tahun 1984, diproduksi oleh co-produser “Cuckoo” Saul Zaentz , memenangkan tujuh Oscar, termasuk film terbaik dan Direktur). Lihatlah topik-topik Amerika dari film-filmnya: Orang-orang muda yang melarikan diri dan orang tua konvensional dari Taking Off (1971), musikal anti-perang Hair (1979), roman sejarah New York Ragtime (1981), pembelaan seorang rabble-rouser dalam The People vs.

Baca juga : Review Film: ‘Notebook’

Larry Flynt (1996), potret orang iseng seperti McMurphy Andy Kaufman dalam Man on the Moon (1999). Dia melihat tanah adopsinya dalam hal nonkonformis dan tradisi luar terbaiknya, pada saat kesesuaian adalah keyakinan baru. McMurphy-nya berhasil dan menang sebagai karakter, terlepas dari ketidaksempurnaan film, karena dia mewakili itu semangat pembersihan yang datang sesekali untuk memperbaharui kita.

Trailer
Kualitas: HD
Rating: 9.5 / 10 (5681103)
Genre: Film, Movie

Film Terkait