Skip to content

Pelajari Apa Itu Film Dokumenter Sebelum Coba Bikin Filmnya

Pelajari Apa Itu Film Dokumenter Sebelum Coba Bikin FilmnyaFilm dokumenter merupakan sebuah genre selain komedi, action dan drama. Nah pada dasarnya film dokumenter merupakan jenis film yang mendokumentasikan atau menyuguhkan suatu kenyataan atau fakta. Jadi tidak seperti film genre lainya yang menyuguhkan sebuah ceirta fiksi atau rekaan, dokumenter justru mneyuguhkan sebuah ceirta kenyataan atau fakta. Pad sbeuah film dokumenter tidak bisa melebih lebihkan atau membuat cerita fiksi yang seolah olah di buat buat. Sehingga sebuah film ini mampu menyajikan sebuah kenyataan yang senyatanya.

Istilah ini muncul pertama kali tahun 1926. Saat itu film pertama yang di produksi adalah sebuah film berjudul moana. Film tersebut rilis dan banyak mendapatkan sambutan positif. Semua film yang digunakan untuk menyuguhkan realitas dan fakta masuk dalam kategori film ini. Film http://citibetqq.com ini juga memiliki beberapa kategori baik untuk hiburan ataupun edukasi. Hal ini tergantung pada jenis muatan atau isi film sendiri. Namun pada dasarnya jenis film ini unsur hiburan atau enterteinment tidak di tonjolkan lebih utama. Hal yang menjadi point utama dari sebuah film adalah keseruan dan keuntungan dalam bermain di . Biasanya hal ini sesuai dengan tema yang di usung oleh si pembuat film. Namun tidak ada salahnya juga sebuah film dokumenter memiliki unsur hiburan yang cukup menggelitik.

Dalam perkembangan sejarahnya, jenis film seperti ini banyak digunakan sebagai media kritik sosial. Misalnya memotret kondisi kelam suatu pemerintahan di negara tertentu, bagaimana kondisi masayarakat miskin, isu lingkungan, perubahan iklim dan pemanasan global, ataupun kesenjangan dalam suatu negara. Isu isu sperti itu banyak di angkat karena mampu mneyajikan suatu fakta dengan kaurat memlaui media sbeuah film. Selain mengangkat isu tertentu, sebuah film dokumenter juga banyak yang mengangkat biografi suatu tokoh ataupun artis, musisi, olahragwan dan tokoh populer saat itu. Tak hanya itu, film dokumenter kini juga berkembang ke arah dokumentasi moment misal kerusuhan, demonstratsi bahkan konser ataupun kehidupan sehari hari. Jadi kini garapan dan tema yang di usung dari sebuah film dokumenter semakin luas untuk diangkat ke dalam media video atau film.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *