Skip to content

Begini Sejarah Dan Perkembangan Film Series di Indonesia

film the pied piper of hamelinSejarah film series dimulai dari film televisi yang ditayangkan di televisi amerika berjudul the pied piper of hamelin tahun 1957. Serial televisi ini kemudian berkembang kesleuruh dunia. Film televisi yang bersambung biasanya dikenal dengan nama drama televisi ataupun sinetron. Awalnya sinetron juga dikenal dengan nama opera sabun karena banyaknya iklan sabun detergen yang diseliingi di tengah tengah tayangan film series ini. Di indonesia sendiri film series televisi alias sinetron atas usul soemarjono salah satu pendiri institut kesenian jakarta atau IKJ. Sinetron sendiri merupakan kependekan dari sinema elektronik atau tayangan sineme film berseri.

Di indonesia pertama kali tayang di tvri tahun 80an. Pasalnya saat itu tvri juga merupakan satu satunya stasiun televisi di indonesia saat itu. Sinetron yang tayang pertama kali berjudul losmen yang di bintangi oleh kator mathias mucus dan dewi tull dan mieke wijaya. Sinetron ini menceritakan tentang kehidupan sehari hari dari keluarga bapak broto yang memiliki sebuah losmen. Sinetron ini juga tidak seperti sinetron jaman sekarang yang tayang hampir tiap hari. Sinetron losmen ini tanyang sebulan sekali di tvri. Hal ini juga berkiatan dengan jam tayang di tvri yang masih terbatas. Perkembangan sinetron indonesia mulai marak tahun 1990an. Awalnya tahun 1989 muncul sinetron yang berjudul jendela rumah kita. Setelah itu muncul televisi swasta yang lainya seperti rcti dan lainnya. Sinetron yang muncul pertam kali di rcti tahun 1989 namun kemudian terkenal danĀ http://homebet99.com mulai di akses masyarakat luas mulai tahun 1991. Setelah itu era sinetron membanjiri televisi swasta yang ada di indonesia. Muncul judul judul sinetron seperti cemplon, si doel anak sekolahan dan banyak yang lainya. Sinetron si doel ini sangat booming di tahun 1990an.

Begini Sejarah Dan Perkembangan Film Series di Indonesia

Perkembangan sinetron di indonesia semakin berkembang dri segi tema dan kualitas sinematiknya. Perkembangan ini dapat dilihat dari tema yang di angkat mulai dari tahun 1998an hingga era saat ini. Tahun 1998an bayang sinetron yang bernagkat dari film layar lebar, selain itu telovela juga mmebanjiri televisi swasta. Setelah itu awal tahun 2000an variasi tema yang diangkat semakin banyak. Era milenium hingga sekarang banyak sinetron di indonesia di balut dengan tema tema religi. Serial televisi semacam ini muncul banyak di televisi swasta di tanah air. Judul judul semacam abu nawas, hikayat pengembara, lorong waktu menjadi sinetron yang laris di indonesia. Sebelumnya sinetron dengan dasar cerita drama kehidupan dan asmara masih menodminasi layar kaca. Kini kita menemui sinetron dengan tema religi dan percintaan yang mendominasi layar kaca. Seperti tukang bubur naik haji, dunia terbalik , anak jalanan dan berbagai sinetron lainya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *